Voucher Belanja

Info voucher belanja

7 Tips Belanja Online dengan Aman, Jangan Terlena Voucher Murah Ya!

Tren situs belanja online di Indonesia ternyata benar-benar memudahkan para shopaholic. Tak perlu kemana-mana, belanja semuanya tinggal duduk di depan layar laptop, pembayaran mudah, dan belanja sepuasnya 24 jam nonstop! Puluhan promo ditawarkan oleh berbagai macam situs belanja online, tengok saja contohnya voucher Tokopedia, Matahari Mall, hingga promo Bukalapak yang rasanya tak pernah ada habisnya. Namun baiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja online. Di bawah ini adalah tips agar aman belanja online yang wajib online shoppers baca!

Source: Zopini.com

Secure

Source: Oneims.net

Suka berbelanja online dengan menggunakn kartu kredit maupun debit? Pastikan situs belanja online kamu secure dan aman dari pihak tak bertanggung jawab. Apalagi kartu kredit sifatnya adalah statis, dimana nomor yang tertera pada kartu tidak akan berubah kecuali kita menutup dan membuka akun kartu baru. Waspada akan online hacker harus ditingkatkan apalagi mengingat banyaknya cybercrime yang terjadi saat ini.

Cara paling mudah untuk meminimalisir potensi kebocoran informasi adalah: memastikan situs belanja online kita termasuk aman dengan memperhatikan ikon gembok kecil di pojok kanan atas URL bar kamu. Selain itu, perhatikan pula alamat URL situs belanja online kita, apakah terdapat tambahan huruf ‘s’ yang bermakna ‘Secure’, setelah ‘http’? Umumnya situs yang tidak terjamin keamanannya hanya akan berupa ‘http://’, bukan ‘https://’. Https adalah Hypertext Transfer Protocol Secure.

Jangan Mudah Terlena Promo Voucher

Ada banyak sekali promo yang terdapat pada situs belanja online yang pastinya bikin kita ngiler. Mulai dari berbagai diskon melalui kode voucher, diskon gajian, hingga gratis ongkir! Semua promo diskon tersebut akan memaksa kita menjadi cukup impulsif dalam berbelanja. Tapi yang harus kita ingat adalah: jangan sampai terlena dengan berbagai macam promo tersebut karena dapat menguras duit kita dalam sekejap. Pintar-pintarlah memilih mana yang menjadi kebutuhan mana yang bisa dibeli pada bulan depannya lagi. Nggak mau kan, terlena diskon gajian di sebuah situs belanja online, tapi gaji kita sendiri cuma mampir di dompet seminggu doang?

Buatlah Password yang Aman

Hampir semua situs belanja online saat ini mengharuskan user-nya membuat akun untuk berbelanja di situs tersebut. Saat membuat akun, pastikan password yang kamu buat sangat aman dan susah untuk dibobol. Jangan menggunakan data pribadi yang umum seperti tanggal lahir ataupun nomor telepon sebagai password kita. Umumnya, percampuran dari berbagai karakter akan menjadikan password kita lebih aman seperti: menggabungkan huruf kapital, huruf kecil, dan angka.

Kartu Kredit Lebih Aman

Source: Aturduit.com

Ternyata berbelanja menggunakan kartu kredit di situs belanja online akan lebih aman dibandingkan berbelanja dengan menggunakan kartu debit. Pasalnya, kartu kredit merupkan ekstensi dari kredit sedangkan kartu debit akan langsung menarik uang dari bank kita. Jika terjadi cyber-crime pada kartu kredit kita bisa segera melaporkannya ke bank dan memblokir kartu tersebut, namun jika menggunakan kartu debit, tentu saja uang kita akan ludes seketika.

Jangan Sembarang Transfer

Jika memang harus membayar melalui sistem transfer, pastikan kita membaca dulu tata acara transfer pada situs tersebut. Pastikan jika kita menggunakan sistem ‘Virtual Account Transfer’, kode perusahaan yang akan ditansfer terpecaya dengan nama perusahaan yang benar juga. Saat ini, situs jual beli yang sudah terpercaya akan menggunakan nama PT mereka sendiri sebagai rujukan nomor rekening pembayaran. Jika kita diharuskan untuk transfer ke rekening yang masih berupa nama orang yang bahkan tidak jelas, maka sebaiknya kita double check lagi apakah banyak review yang sudah mengatakan proses transaksi di situs tersebut aman atau tidak.

Baca Deskripsi Produk

Jangan mudah terlena dengan berbagai macam diskon dan promo kode voucher yang diberikan oleh situs belanja online. Khususnya untuk produk-produk seperti elektronik maupun gadget, sebaiknya harus kita baca dengan seksama deskripsi produk, hingga review dari pelanggan sebelumnya tentang produk tersebut. Promo diskon yang sangat murah belum tentu menjamin barang yang ingin kita beli berkualitas baik pula! Untuk menghindari kerugian, sebaiknya kita lebih detail dan teliti dalam membeli produk tersebut.

Simpan Semua Bukti Transaksi

Source: Spirit.web.id

Ini adalah hal yang acap kali luput pada online shoppers, menyimpan bukti transaksi mulai dari deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, salinan email dengan penjual, hingga bukti pembayaran. Jika terdapat kesalahan pengiriman ataupun produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, maka bukti-bukti transaksi tersebut sangat penting untuk diberikan kepada customer service untuk penukaran barang. Tak hanya itu, bukti transaksi juga penting disimpan untuk proses pengiriman barang yang terlambat. Biasanya, customer service akan memberikan kompensasi berupa voucher diskon tambahan jika terdapat keterlambatan dalam pengiriman barang.

Gimana nih online shoppers? Seru sih belanja online, tapi pastinya kita juga harus lebih waspada saat belanja mengingat dalam belanja online, semua data pribadi yang kita simpan di internet dapat diakses secara tidak benar oleh orang-orang tidak bertanggung jawab! Happy safe shopping, sis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *